Menulis Soal Warisan, Facebook Afi Nihaya Sempat Menghilang

0

Jakarta Akhir 2016 lalu masyarakat Indonesia sempat dibuat kagum dengan postingan seorang siswi SMA Negeri 1 Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur, di Facebooknya. Siswi tersebut bernama Afi Nihaya Faradisa. Saat itu Afi menceritakan bagaimana dirinya sempat mematikan handphone-nya selama beberapa hari lantaran ia lelah dengan perdebatan di sosial media yang tak ada habisnya.

“Yang aneh adalah, jika tidak pro pokoknya salah! Kontra salah, netral pun juga disalahkan. Tidak ada hal lain yang ditunjukkan kecuali sifat kekanak-kanakan,” tulis Afi Nihaya dalam Facebooknya, 8 Desember 2016. Dan beberapa hari yang lalu atau tepatnya 15 Mei 2017 Afi Nihaya Faradisa kembali memposting sebuah tulisan yang langsung mendapatkan ribuan komentar.

Judul tulisan kritis Afi tersebut diberi judul “Warisan”. “Untungnya, saya belum pernah bersitegang dengan orang-orang yang memiliki warisan berbeda-beda karena saya tahu bahwa mereka juga tidak bisa memilih apa yang akan mereka terima sebagai warisan dari orangtua dan negara,” tulis Afi.

Afi Nihaya Paradise (instagram.com)

Namun sayang, gara-gara tulisan yang kini sudah mendapatkan 59 ribu reaksi tersebut Facebook Afi sempat tidak bisa dibuka.

“TOLONG, DARURAT. Akun saya atas nama Afi Nihaya Faradisa telah disuspend/ditangguhkan oleh Faceboof. Diduga akun saya telah dilaporkan oleh orang-orang yang tidak menyukai apa yang saya tulis di situ. Selama ini akun itu memang saya gunakan untuk menebar perdamaian dan pesan-pesan positif kepada para pembaca tulisan saya. Akun itu sudah viral, memiliki jangkauan yang luas, serta terdapat 270 ribu followers di sana sehingga efektif untuk digunakan sebagai sarana untuk misi perdamaian Indonesia yang sejak lama saya usahakan,” tulis Afi dalam akun Instagramnya.

Sadar bahwa tulisannya akan menuai pro dan kontra, dalam kolom komentar di Facebooknya Afi pun sempat menjelaskan maksud dari tulisan berjudul “Warisan” tersebut. “Mohon perhatian, teman-teman tersayang. Saya sepenuhnya sadar bahwa semua ini mungkin menabrak keyakinan Anda yang sudah tertanam bertahun-tahun lamanya. Tapi, Anda bisa memilih untuk menggunakan tulisan ini sebagai alat perdebatan atau alat untuk mulai merenung ke ‘dalam’. Terima kasih. Tuhan Semesta Alam merahmati.”

Dukungan mengalir untuk Afi Nihaya yang akun Facebook-nya sempat ditangguhkan

Tulisan terbaru Afi Nihaya Faradisa tersebut pun langsung menuai pujian dari netizen.

“Lagi-lagi tulisan yang cerdas. Dan hanya bisa dipahami dengan jernih oleh mereka yang berpikiran dan berhati terbuka. Respect,” tulis pemilik akun Facebook Ni Luh Junial.

Tak sedikit pula netizen yang meminta Afi untuk lebih banyak lagi memposting tulisannya di Facebook. “Dek, tolong penuhi medsos dengan tulisan-tulisan seperti ini,” tulis Esther Iriani Hutapea. Kini akun Facebok Afi Nihaya sudah bisa dibuka lagi, kamu pun bisa membaca kembali tulisan-tulisan cerdasnya.

Link Sumber


Baca Ini Juga

Warna Monokrom Memang Nggak Ada Matinya, Selalu Stylish! Ilustrasi style monokrom. (Sumber foto: pexels.com)Jakarta Hitam putih, merupakan warna netral dan semua orang juga menyukainya. Warna monokrom ini ju...
Surati PM Malaysia, Facebook Adinda Nanda Diserbu Netizen Inilah surat Adinda Nanda untuk PM Malaysia yang lagi jadi perbincangan masyarakat di dunia maya. (Foto: Facebook)Jakarta Adinda Saraswati Akbar, pemi...
10 Desain Pakaian Kocak Ini Bukti Kamu Harus Teliti Sebelum Beli! Sebelum membeli, ada baiknya untuk teliti terhadap pakaian yang kamu taksir. Jangan sampai begini jadinya. (Sumber foto: boredpanda.com)Jakarta Teliti...
Intip Restoran Bos First Travel di London Ternyata, bos First Travel juga punya sebuah restoran di London, lho. | Sumber Foto: instagram.com/nusadualondonJakarta Kasus pengelapan dana umroh mu...

No comments